Posted: 31 Januari 2008 15:09:38 by dwinita BeritaNet.com | Dilihat 3165 kali

Dua buah kabel telekomunikasi di bawah laut pada hari Selasa kemarin (29/1) dilaporkan putus. Salah satu kabel telekomunikasi yang putus tersebut dilaporkan terletak di dekat Alexandria, Mesir. Sedangkan satu kabel bawah laut yang lain terletak di lepas pantai Marseille, Perancis. Kedua buah kabel bawah laut ini dilaporkan putus dalam waktu hampir bersamaan, hanya berselang sekitar satu jam antar putusnya kabel yang satu dengan yang lain.

Peristiwa putusnya kabel telekomunikasi yang terletak di bawah laut ini merupakan peristiwa yang sangat jarang terjadi. Kalaupun terjadi, maka hanya ada dua kemungkinan penyebab putusnya kabel tersebut, yaitu adanya faktor geologis, sebagai akaibat pergeseran lempeng bumi, atau gesekkan dengan jangkar kapal laut yang melintas di sekitar kabel tersebut berada.

Ratusan kabel bawah laut yang ada biasanya dimiliki oleh international consortiums yang melayani proses telekomunikasi dunia, seperti telepon dan koneksi Internet, maupun trafic transfer data-data. Putusnya kabel bawah laut ini mengakibatkan lumpuhnya akses Internet di sebagian besar wilayah Mesir, gangguan di beberapa lini perkantoran di India dan melambatnya layanan untuk beberapa customer Verizon.

Pada hari Rabu pagi kemarin Linda Laughlin, juru bicara Verizon mengatakan, “Beberapa customer kami terkena dampak dari putusnya kabel ini”. Perusahaan ini membangun kabel jaringan komunikasinya di Trans-Pacific, membentang dari Oregon hingga China, Korea Selatan dan Taiwan, karena Asia membutuhkan kapasitas yang lebih besar.

Sebuah perusahaan perdagangan di India memperkirakan, kurang lebih sekitar 60% dari pengguna Internet di negara tersebut terkena imbas dari putusnya kabel bawah laut ini, namun banyak diantaranya, terutama perusahaan dan pelaku bisnis segera mengalihkan dengan cepat akses Internetnya, sehingga tidak begitu terganggu dengan putusnya kabelnya tersebut. “India merupakan pusat customer service dari banyak perusahaan financial di Amerika dan Eropa, selain itu juga telah banyak perusahaan India yang telah mengambil alih operasional perusahaan-perusahaan besar dunia.,” kata R.S. Parihar, seorang executive dari sebuah Internet Services Provider's Association di India.

Satu dari kabel yang terimbas membentang dari Perancis hingga Perairan Mediterania dan Laut Merah, kemudian mengelilingi India hingga Singapura. Kabel ini dikenal sebagai Sea Me We 4, dimiliki oleh 16 perusahaan telekomunikasi di sepanjang rute tersebut. Sedangkan kabel yang kedua dikenal sebagai Flag (for Fiber-optic Link Around the Globe) yang terbentang dari Inggris hingga Jepang.(dna)


Komentar Anda

Artikel terkait






Fatal error: Call to a member function close() on a non-object in /home/sloki/user/t22515/sites/beritanet.com/www/mainbrain.php on line 76