Posted: 06 Januari 2010 12:00:00 by Heni Pratiwi BeritaNet.com | Dilihat 2323 kali

NASA, badan pengamat antariksa US telah menemukan lima planet baru yang memiliki ukuran range antara ukuran planet Neptunus dan Jupiter, planet terbesar di system solar bumi. Lima planet tersebut disebut juga exoplanet yang berada di lokasi jauh di luar angkasa, dan orbit bintang yang lebih panas dan lebih besar daripada matahari.

Termperatur dari kelima planet baru tersebut antara 2,200 hingga 3,000 derajat Fahreinheit, suhu yang panas dan tidak cocok untuk didiami. Range orbit sekitar 3.3 hingga 4.9 hari. NASA mengungkapkan penemuannya tersebut hasil dari pengamatan menggunakan telescope Kepler. NASA kemudian memberi nama lima planet tersebut dengan nama Kepler 4b, 5b, 6b, 7b, dan 8b.

Bahkan, sebelumnya dalam misi telescope Kepler, NASA juga menemukan HAT-P-7, exoplanet lain yang berada sekitar 1,000 tahun cahaya dari bumi. Kepler tidak menyajikan secara visual dimana planet ditemukan, namun hanya mendeteksi keberadaannya dengan melacak tingkat cahaya bintang, yang terjadi ketika sebuah planet memutari orbit melewati matahari.(h_n)



Komentar Anda

Artikel terkait






Fatal error: Call to a member function close() on a non-object in /home/sloki/user/t22515/sites/beritanet.com/www/mainbrain.php on line 76