Posted: 21 Oktober 2008 08:44:00 by Heni Pratiwi BeritaNet.com | Dilihat 2773 kali

Pernahkah Anda membuat efek gelas pecah atau object lain yang memiliki efek pecah? Berikut beberapa langkah mudah untuk membuat efek pecah sesuai selera Anda engan menggunakan Adobe Illustrator CS3.

 

Adobe Illustrator CS3Buka dokumen baru Adobe Illustrator, dengan membuka “File” di menu dan pilih “New”, lalu tekan “Ok”.

 

Adobe Illustrator CS3Pilih font favorit Anda lalu ditebalkan (bold), dengan menggunakan Type tool, dan ketikkan kata “BROKEN GLASS” di dokumen Anda. Buatlah font sama besar sehingga Anda mudah untuk melakukan step berikutnya.

Adobe Illustrator CS3Pilih text yang sudah diketikkan dengan Illustrator “Selection Tool” (di sebelah kiri palette “Tools” yang tampak dengan gambar anak panah pointer hitam). Convert text ke vector dengan memilih pilihan "Create Outlines" di bagian menu, di bawah “Type”.

Adobe Illustrator CS3

Gunakan “Line Segment Tool”, buatlah garis-garis di atas outline text Anda, karena garis-garis ini yang akan tampak sebagai pemecah text Anda.

Adobe Illustrator CS3Buka palette "Pathfinder" di bawah menu “Windows”. Gunakan “Selection Tool” untuk memilih semua outline text dan segmen garis yang sudah dibuat di langkah ke-4.Di palette "Pathfinder", click tombol "Divide" yang ada di bagian kiri.

Adobe Illustrator CS3Setelah itu, pilih "Ungroup" di bagian yang dipilih, di menu “Object”.

 

Untuk mendapatkan efek pecahan gelas yang terpisah, Anda hanya harus membagi outline text, dengan memilih "View" di bagian menu, lalu "Outline" untuk melihat form karya Anda.

Gunakan “Selection Tool”, click dan drag ‘calon pecahan’ gelas ke luar dari tempat aslinya dengan tujuan untuk memperoleh efek pecahan. Anda juga dapat menukar pecahan kembali dari view "Outline" ke "Preview” untuk melihat hasilnya.

Adobe Illustrator CS3Anda telah selesai membuat efek gelas pecah, dan mungkin bisa ditambahkan dengan warna dan efek lain sesuka Anda.
(h_n)

 

 

beritanet.com


Komentar Anda

Artikel terkait