Posted: 08 Januari 2010 15:15:00 by Heni Pratiwi BeritaNet.com | Dilihat 5375 kali

Flash Video merupakan format file yang digunakan untuk menyimpan video dari Internet yang menggunakan program Adobe Flash Player atau yang diproduksi oleh Macromedia versi 6 hingga 10. Content Flash Video biasa juga masuk ke dalam file SWF. Terdapat dua format file video yang berbeda yang didefinisikan oleh Adobe System dan support Adobe Flash Player, yakni FLV dan F4V. Data audio dan video dalam file FLV dikodekan dengan cara yang sama seperi dalam file SWF. Sementara format file F4V berbasis foprmat media file ISO dan support dengan Flash Player 9 update 3 yang dirilis desember 2007 lalu.

Format FLV (Flash Video) sendiri menjadi format pilihan standard untuk file video di web. Situs yang biasa mencantumkan format file video FLV adalah YouTube, Google Video, Yahoo! Video, metacafe, Reuters.com, dan banyak provider lainnya. Format file FLV Flash Video biasanya memiliki material dengan code yang diikuti dengan format kompresi Sorenson Spark atau video VP6. Biasanya file FLV mengandung bit stream video yang juga ada di video standard H.263. Sementara Sorenson Park adalah kode lama dari file FLV yang sudah digunakan secara luas, dan kode yang di-support oleh Flash Player. Sedangkan VP6 merupakan kompresi video untuk digunakan dengan Flash Player 8 dan di atasnya. On2 VP6 dapat menyediakan kualitas visual lebih bagus dibandingkan Sorenson Park, khususnya ketika menggunakan bit rate yang lebih rendah. Namun, On2 VP6 lebih kompleks dan tidak bisa dijalankan di konfigurasi system komputer lama.

Sementara Flash Player sekarang ini kebanyakan selain support file FLV dan F4V, juga support dengan video H.264 atau yang dikenal dengan nama MPEG-4, dan audio HE-AAC. File Flash Video juga kompatibel dapat dilihat di berbagai system operasi, via Adobe Flash Player dan plugin web browser atau salah satu program third-party di web.(h_n)


Komentar Anda

Artikel terkait



Info buku-buku IT terbaru

Down | Up