Posted: 24 November 2007 11:17:00 by roy BeritaNet.com | Dilihat 14773 kali

ISBN 978-979-29-0140-5
Penulis Feri Sulianta
12x19cm, 86 halaman
Tahun Terbit 2007
Harga Rp.15000


Saat ini hampir semua kalangan menggunakan teknologi Internet untuk berbagai tujuan. Terlebih para remaja yang memiliki pribadi aktif. Berinteraksi dalam cyberworld merupakan dunia tersendiri bagi mereka. Namun, aktifitas remaja dalam cyberworld cenderung banyak merugikan mereka. Banyak kasus cyberbullying yang terjadi di kalangan remaja seiring perkembangan informasi di Internet.

Saat seseorang menjadi bagian dari masyarakat cyberworld atau saat mereka mengakses Internet (go online), perilaku negatif dapat saja terjadi. Karakteristiknya kurang lebih sama dengan yang terjadi di dunia nyata, meskipun dalam kemasan yang berbeda.

"Bullying (pelecehan atau perilaku menggangu),yang dijumpai dalam kehidupan nyata, dapat dijumpai pula dalam cyberworld dan dikenal dengan istilah cyberbullying. Istilah ini digunakan karena Internetlah yang menjadi media perantaranya. Berbeda dengan bullying (traditional bullying) yang mengandalkan sarana fisik seperti ujaran frontal ataupun kekerasan fisik lainnya." -halaman 5.


Menurut Frans Setiawan, Produk Manager Penerbit ANDI yang membidani terbitnya buku ini, buku ini sangat bermanfaat bagi remaja dan orangtua yang membutuhkan pengetahuan untuk berselancar dengan aman di internet. Bila remaja dan orang tua dapat mengerti etika, aturan dan risiko berinternet, maka akan terjadi kesepahaman tentang baik-buruknya berselancar di internet.

Berbeda dengan buku CyberLaw, buku ini cocok untuk pemula, orang tua dan anak yang baru mengenal internet. Berguna untuk memahami aturan-aturan dasar berinternet, etika berinternet, pengetahuan yang perlu diketahui bagi orang tua saat mendampingi anak berselancar di internet, pelecehan (abuse) di internet dan bagaimana mengatasinya dengan trik sederhana tanpa harus memusingkan detil teknisnya dan tanpa membutuhkan software tertentu.

"...karena banyak orang yang baru kenal internet tidak tahu etika di dunia maya. Tidak dapat membedakan mana realita dan mana cyberbullying... banyak yang menuai pelecehan atau perilaku yang mengganggu." - Frans Setiawan





Dapatkan diskon pembelian buku di : situs toko buku ini

Sinopsis Dari Situs Penerbit ANDI :
Buku 'Cyberworld Ethics' mengupas perilaku remaja sebagai netizen (masyarakat cyber) dalam cyberworld. Bagaimana seharusnya bersikap dan beretika dalam dunia maya menjadi bahasan utama buku ini. Contoh-contoh kasus
cyberbullying dan bagaimana cara mencegahnya juga dijelaskan dalam buku ini. Materi yang dikemukakan sangat up-to-date dan edukatif. Buku ini cocok untuk semua kalangan karena memberikan pemahaman, contoh nyata, problematika, dan solusi tanpa mengesampingkan sisi intelektual.

Buku ini juga sangat bermanfaat bagi guru, orangtua dan siswa untuk lebih mengenal sopan santun dan tata aturan berinternet. Sehingga bisa bermanfaat bagi mereka agar mampu bersosialisasi dengan tepat di dunia maya.



(/roy)











Komentar Anda

Artikel terkait






Fatal error: Call to a member function close() on a non-object in /home/sloki/user/t22515/sites/beritanet.com/www/mainbrain.php on line 78